Oke akhir-akhir ini vps yang ku pakai benar-benar busuk. Pingnya kacau diatas 200ms, ditambah ketika aku mengembed sebuah video pasti loading time nya makin lambat. Aku pikir apa mungkin karena kurang upgrade? Btw server yang kupakai RAM nya 2GB dengan virtual CPU 2x. Umumnya sih cepat namun aku tak tau kenapa sangat lambat. Sebelum pindah VPS aku mencoba untuk mengupgrade CPU dan RAM nya menjadi 4x CPU dan 8GB RAM, Namun seperti yang kuduga akses ke website ini tetap lambat.

Aku sempat nanya ke CS nya namun ya namanya CS pasti bilang kalau vps nya normal-normal saja, aku berpindah dari warkop yang memakai Indihome ke Cafe yang pakai Biznet. Hasilnya sama rata-rata pasti di kisaran 200ms. Hmm ya sudahlah aku menerima dengan lapang dada.

Esok hari aku coba akses dari ponselku eh tiba-tiba down tanpa alasan. Website tak bisa di akses bahkan dari 3 provider yang berbeda. Langsung aku SSH dan ternyata bisa namun sangat lambat, untuk mengetik sebuah command butuh menunggu sekitar 3-5 detik. Complain ke CS dan sangat di tanggapi dan akhirnya mereka merestart server yang kupakai dan memang akhirnya respon ssh ku mulai berlangsung pulih.

Karena ada 5 website yang mengandalkan server yang sekarang kupakai, kepuasan costumer adalah nomor 1 akhirnya kuputuskan memakai Cloudflare sebagai load-balancing nya. Untuk percobaan awal aku masih memakai free dan yang terjadi adalah web ku dan client sangat responsif, namun kekurangannya aku tak bisa SSH ke server dengan menggunakan domain ini, karena domain yang sekarang kupakai sudah terpointing ke server Cloudflare, tapi tak masalah yang penting aman dan cepat hehehe.

Untuk paket termurah dari cloudflare di bandrol sekitar 80rb/bulan atau $5. Cukup murah jika di bandingkan kita harus optimize sana sini. hehehe