Saya masih inget ketika awal bulan Juli 2023 lalu dimana ada berita kalau Blu / BCA Digital yang saya gunakan untuk menabung (Sebelum Line Bank) menerapkan sistem aneh yang disebut dengan BluLoyalty. Sistem aneh ini akan memberlakukan biaya Rp. 3500 untuk setiap tarik tunai dan setor tunai dari ATM BCA. Ini agak mengejutkan sih karena BCADigital tidak punya ATM sendiri, namanya juga digital. Jangankan ATM, untuk kartu ATM nya sendiri aja gak punya. Ada sih sistem dari BluLoyalty ini yang akan memberikan kita gratis tarik tunai, tapi itu gak ngotak gitu lo. Beneran

Kenapa saya nyebutnya gak ngotak? Jadi gini, sistem dari Blu ini mirip dengan Level Jagoan di Bank Jago, yang dimana harus ada rata-rata saldo portofolio yang mengendap di akhir bulan. Bedanya dengan Bank Jago, Blu menerapkan saldo rata-rata yang cukup tinggi bagi saya. Mungkin ini taktik mereka agar bisa untung kali ya? Kalau di Bank Jago rata-rata saldo kita maksimal 20jt maka kita akan dapat 10x Gratis tarik tunai di ATM Manapun selama ada logonya ATM Bersama, sementara untuk di Blu, kita harus bisa mencapai saldo rata-rata 50jt untuk mendapatkan 10x gratis tarik tunai itupun hanya di Bank BCA doang. Kan mulai aneh sistemnya.

Karena Loyalty bangsat inilah saya meninggalkan Blu dan memilih untuk memakai Line Bank meski untuk mendapatkan ATM nya sangat sulit, tapi Line Bank lebih rasional lah dalam menerapkan limit. Saya biasanya mendapatkan limit 25x gratis untuk segala jenis transaksi dalam bentuk apapun (bisa untuk topup emoney atau transfer ke lain bank) tanpa minimal saldo portofolio. Nah untuk bank jago saya hanya menggunakannya untuk beli sesuatu di Google Play. Untuk Blu dengan sangat terpaksa saya jarang pakai karena saya jarang beli game (FYI saya gunakan blu untuk beli game di steam dan di xbox).

Kemudian pertengahan oktober 2023 saya mendapatkan sebuah info dari Facebook dan X (Twitter) yang mengatakan bahwa Blu sedang mengedarkan kartu ATM fisiknya. Dengan sigap saya pesan langsung via apps nya. Buat apa? Gatau mungkin buat pamer ke pacar (dan calon istri sih) kalau saya punya ATM aneh-aneh (setelah dia meminta saya untuk bantuin bikin Line Bank) hehehehe.

Karena load nya sedang banyak, maka pengiriman kartu fisik blu terlambat banget. Hari ini di tanggal 1 November 2023 saya mendapatkan kartu fisiknya yang dikirim ke kantor saya.

Hmm saya juga bingung sekarang karena saya sudah sangat jarang sekali beli game di steam atau di xbox, nih kartu buat apa ya? Buat nabung aja ya untuk nikah? Hehehe rencana bagus tuh, biar gak ada keinginan untuk tarik tunai karena pasti dibatesin tarik tunainya. Hehehe bener juga.

Saya harap sih mungkin Blu harus bertindak layaknya bank pada umumnya, saya mending ada biaya admin tiap bulan tapi saya bisa tarik tunai sepuasnya daripada harus kena charge tiap saya setor atau tarik. Kan blu nebeng ATM nya di BCA. Hmmm